oleh

Richard Sualang Hadiri Pelantikkan Pengurus E-Sport di Kota Manado

KEBIJAKANnews– Ketua Harian E-Sport Indonesia (ESI) Sulawesi Utara (Sulut), Rio Dondokambey hari ini Selasa (14/9/2021), mengukuhkan 28 orang pengurus ESI Manado bertempat di ruang serbaguna Kantor Wali Kota Manado.

Menariknya, Cristy Masengie dipercayakan menjabat sebagai Ketua ESI Manado.

Cristy, sapaan akrabnya kemudian berterimakasih kepada semua pihak atas kepercayaan yang telah diberikan kepadanya.

“Saya ingin berterima kasih kepada Ketua Harian PB ESI Sulut, Bung Rio Dondokambey yang mempercayakan kami sebagai pengurus pertama ESI Kota Manado,” ujar Cristy saat membawakan sambutan.

Setelah terbentuk, Tim ESI Manado menargetkan akan mencetak atlet e-sport yang berprestasi dan mampu mengharumkan nama kota berjulukan tinutuan ke tingkat nasional dan mancanegara.

“Saya berharap kedepannya, pengurus di provinsi dapat bersinergi dengan kami yang ada di Manado” ujarnya.

“Ini supaya kita dapat mewujudkan prestasi e-sport bukan hanya di kancah nasional, tapi sampai internasional,” tambahnya.

ESI Manado tentunya tidak akan berjalan sendiri dalam proses mencapai tujuan tersebut.

Mereka mendapat dukungan penuh dari PB ESI Sulut dan Pemerintah Kota Manado.

Selain menjabat Ketua PB ESI Manado, Cristy sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Manado periode 2019-2024, di Daerah Pemilihan (Dapil) Sario-Malalayang, dia juga tergabung dalam Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Sementara itu, Ketua Harian PB ESI Provinsi Sulut Rio Dondokambey menyampaikan sangat bersyukur diawal kepengurusan PB ESI kota Manado sudah bisa membawa 5 atlit kategori game Mobile Legend (ML) menjadi perwakilan Sulut.

“Ini sangat membanggakan. Sulut perdana mengirimkan 5 atlit olahraga E-Sport ini untuk PON XX tahun 2021 di Papua. Pesan saya, ayo bawah pulang medali ke Sulut,” harapnya.

Kata dia, tugas utama dari pengurus yang baru dilantik adalah untuk melakukan penataan kepengurusan dan program.

“Saya yakin pengurus yang sudah dilantik adalah yang terbaik. Untuk mewujudkan olahraga esport Sulut, khususnya kota Manado. Maka tugas utama lainnya pengurus harus bisa memberikan pembinaan kepada atlit yang notabene anak muda ini. Untuk berprestasi dan membawa medali. Namun tidak juga seperti itu, tetapi juga mendidik generasi muda di Manado,” katanya.

Lagi, dirinya menyebut ESI merupakan olahraga yang memiliki unsur kompetusu dan pertarungan.

“Harapan lain lagi, semoga para atlit dibawah binaan PB ESI kota Manado yakni generasiuda untuk dapat berani bersaing. Berani berekspresi, berproduktif dan ada karir bagi mereka,”tuturnya sembari manyampaikan PB ESI Provinsi Sulut akan mengawal PB-ESI kota Manado, khususnya mengawal 5 atlit yang nanti akan bertarung di PON XX di Papua.

Menanggapi hal ini, Pemerintah Kota Manado yang dihadiri oleh Wakil Walikota Manado dr Richard Sualang menyampaikan pelantikkan pengurus E-Sport di Kota Manado membawa suasana baru bagi dunia olah raga.

“Atas nama Wali Kota Manado Andrei Angouw kami menyambut baik pengurus yang baru saja dilantik ini. Dan kami berharap banyak kepada pengurus yang dilantik. Yang saya lihat, para pengurus ini sudah mumpuni untuk membina dan mengurus esport di kota Manado,” kata Wawali.

Menurutnya, selain prestasi dampak E-Sport khususnya di Kota Manado akan berpengaruh dinilai ekonominyq.

“Sesuai survei, usaha yang memiliki ketahanan di masa pandemi adalah E-sport. Ini dikategorikan sebagai bisnis dan berpeluang untuk menghasilkan. Dan nilai ekonominya bisa dibilang fantastis. Sehingga esport dikatakan olahraga yang memiliki ketahahanan di masa pandemi,” jelasnya

Lanjut kata dia, ini merupakan peluang. Selain memberikan dampak positif bagi generasi muda sehingga berkurangnya kriminalitas, gambaran peluang bisnis dan ekonomi sangat terlihat.

“Saya catat ada dua goal yang akan didapat lewat e-sport. Pertama tingkatan prestasi dan kedua menggerakan ekonomi supaya juga bisa menghasilkan entrepreneur baru. Dan ini yang saya lihat,” tandasnya.

Selain namanya sudah disebutkan di atas acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Manado, Tonny Mamahit. (Red)