oleh

Cristiano Ronaldo “Dukung” Italia di Final Euro 2020

KEBIJAKANnews – Cristiano Ronaldo dipercaya akan mendukung Italia di final Euro 2020. Apa alasannya?

Final Piala Eropa alias Euro 2020 antara Italia vs Spanyol akan digelar di Stadion Wembley, Minggu (11/7/2021) atau Senin (12/7/2021) dini hari pukul 02.00 WIB.

Italia bakal memainkan final Euro keempat mereka setelah sebelumnya juga sukses menembus partai puncak pada edisi 1968, 2000, dan 2012.

Sementara itu, partisipasi di final Piala Eropa 2020 bakal menjadi yang pertama kali buat Inggris.

Pencapaian terbaik The Three Lions (Tim Tiga Singa), julukan Inggris, sebelumnya “cuma” babak semifinal pada edisi 1968 dan 1996.

Siapa yang akan menang? Apabila pertanyaan itu ditujukan kepada Cristiano Ronaldo, barangkali sang megabintang Portugal akan memilih Italia.

Media Italia yang berbasis di Kota Milano, La Gazzetta dello Sport, baru-baru ini merilis sebuah artikel yang memuat alasan kenapa Cristiano Ronaldo bakal mendukung Italia menang atas Inggris di final Euro 2020.

“Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini akan punya satu pendukung tambahan di final Euro 2020, yang alasannya di luar persahabatan mereka di Juventus,” tulis jurnalis Giuseppe Nigro di La Gazzetta dello Sport.

Menurut La Gazzetta dello Sport, Ronaldo akan mendukung koleganya di Juventus, Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini, untuk tampil baik melawan Inggris supaya ketajaman Harry Kane serta Raheem Sterling bisa teredam.

Jika skenarionya berjalan begitu, maka Ronaldo kemungkinan besar akan dinobatkan sebagai peraih gelar sepatu emas alias top skor Piala Eropa 2020.

Sebagai informasi, Harry Kane (4 gol) dan Raheem Sterling (3 gol) adalah dua nama yang kini paling berpeluang menggeser Ronaldo (5 gol) dari puncak daftar top skor Euro 2020.

Gol Ronaldo sejatinya sama dengan bomber Ceko, Patrik Schick. Akan tetapi, pemain berinisial CR7 itu berhak berada di atas Schick karena unggul jumlah assist.

Ronaldo sudah bikin sebuah assist sementara sepanjang mentas di Piala Eropa 2020, Schick tak sekali pun mengkreasi gol buat rekan setimnya.

“Cristiano perlu Bonucci dan Chiellini untuk menahan serangan Inggris di Wembley,” tulis La Gazzetta dello Sport.

Sepanjang karier, Ronaldo belum pernah menyabet gelar top skor Euro.

CR7 sangat dekat dengan sepatu emas Euro pada edisi 2012, di mana ia membukukan tiga gol.

Kala itu, total ada enam pemain yang mengakhiri turnamen dengan torehan tiga gol, yakni Ronaldo, Mario Mandzukic, Mario Gomez, Mario Balotelli, Alan Dzagoev, dan Fernando Torres.

Gelar top skor Euro 2012 pada akhirnya menjadi milik Torres kendati jumlah gol (3) dan assist (1) miliknya serupa dengan koleksi Mario Gomez.

Titel sepatu emas berhak disandang Torres lantaran ia mencatat menit tampil yang lebih sedikit ketimbang Mario Gomez. (*)