oleh

Vaksinasi di Manado Terbanyak se Indonesia

KEBIJAKANnews Manado menjadi kota yang melakukan vaksinasi dosis pertama terbanyak di Indonesia. Ini berdasarkan data Kementerian Kesehatan RI yang dirilis Rabu (7/7/2021).

Walikota Manado, Andrei Angouw mengonfirmasi hal itu. “Dari laporan Menteri Kesehatan, capaian vaksinasi untuk dosis pertama menempatkan Manado sebagai tertinggi se Nasional. Yakni sebesar 63 persen dari kabupaten kota di Indonesia,” terangnya kepada awak media.

Wakil Walikota Manado, Richard Sualang pun bersyukur atas capaian tersebut. Ia menilai partisipasi masyarakat dan stakeholder sangat luar biasa dalam menyukseskan Program Vaksin Hebat Manado.

“Tentunya kami mengapresiasi antusias warga Kota Manado dalam mengikuti program vaksinasi ini. Hal ini dapat terlihat dari pencapaian yang kita dapat. Semua boleh terjadi karena adanya kerja sama dari semua pihak,” ungkapnya.

Data tersebut dijabarkan Budi Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan RI, dalam rapat terbatas yang digelar Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI. Pemkot Manado turut serta dalam kegiatan itu.

Dalam grafik yang dishare screen Menteri Kesehatan, terdapat 20 kabupaten/kota yang persentase capaian vaksinasi dosis pertamanya tertinggi se Indonesia. Manado memuncaki list tersebut.

Adapun lima daerah lain yang berasal dari Sulawesi Utara juga masuk dalam daftar. Di antaranya Tomohon, Sitaro, Bitung, Minahasa Selatan, dan Bolaang Mongondow Utara. Secara garis besar, grafik dinominasi oleh Sulut.

Berdasarkan data Satuan Tugas Covid-19 Sulut saat ini, jumlah warga Manado yang sudah vaksinasi dosis pertama adalah 211.770. Sedangkan dosis kedua sebanyak 70.313. Jumlah ini akan terus bertambah, mengingat Pemerintah Kota Manado menargetkan 363.334 warga harus sudah tercover program ini sampai bulan Oktober 2021.

Dengan demikian, Manado dipastikan mengungguli 513 kabupaten/kota lain di Indonesia (Data Kementerian Dalam Negeri Indonesia) dalam hal vaksinasi. (RE)