oleh

KKT-126 Unsrat Beri Kesan Tersendiri bagi Posko 22 Tikala

KEBIJAKANnewsPelaksanaan Kuliah Kerja Terpadu (KKT) di tengah pandemi Covid-19 membawa kesan tersendiri bagi mahasiswa Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado. Meski pandemi memperumit proses akademik mereka, namun di kesempatan ini para pelajar bisa turut meringankan beban masyarakat terdampak wabah.

Ini yang dirasakan mahasiswa KKT Unsrat angkatan 126, terlebih khusus yang ada di Posko 22 Kecamatan Tikala. Herman Pusung selaku Koordinator Posko mengungkapkannya kepada awak media, Rabu (16/6/2021).

“KKT di tengah pandemi memberikan kesan tersendiri. Ada dampak positifnya juga dari situasi ini, yakni kami bisa turut membantu masyarakat yang terdampak pandemi,” lugasnya.

“Hal-hal positif yang dimaksud adalah kami bisa memberikan manfaat secara langsung kepada warga di lokasi posko kami. Dari situ kami bisa belajar banyak hal,” tambahnya.

Para mahasiswa menuangkan dedikasi mereka melalui program kerja posko yang sudah diaplikasikan di lapangan. “Program-program dari posko Manado 22 Tikala, sebagian besar memberikan konten-konten edukasi kepada masyarakat untuk menghadapi atau menghindari Covid-19,” terang Herman.

“Ada juga kegiatan-kegiatan positif lainnya seperti bersih-bersih taman, membantu usuha-usaha yang ada dengan memberikan masukan untuk berjualan secara online, dan menyarankan agar menggunakan uang digital dalam pembayaran. Program kerja yang sudah kami buat sudah terlaksana dengan baik sesuai aturan dan protokol kesehatan,” jabarnya.

Unsrat tidak lepas tangan terhadap aktivitas KKT Mahasiswa. Agenda mereka terus diawasi dan didukung oleh tenaga pengajar yang diberikan kewenangan.

“Selama kegiatan KKT, DPL kami (Dosen Pembimbing Lapangan, red) selalu memberikan masukan-masukan dan saran selama periode kegiatan,” ungkap mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis itu.

Posko 22 Tikala berisikan 15 mahasiswa-mahasiswi dari latar belakang fakultas, jurusan, dan angkatan yang berbeda. Mereka diawasi oleh DPL Dr. Ir. James Paulus, M.Si; Dosen Pengawas Lapangan, Dr. Drs. Michael Mamentu, M.A; dan Koordinator KKNT 126 Unsrat, Dr. Ir. Rignolda Djamaludin, M.Sc.

KKT 126 sendiri dimulai pada akhir bulan Maret 2021 dan berakhir pada 28 April 2021. Ini berdasarkan Surat Pemberitahuan Nomor 1256/UN12.13/LL/2021. (AP)