oleh

ODSK Lanjut ‘Hebatkan’ Sulut 2021-2024

KEBIJAKANnews – Olly Dondokambey dan Steven Kandouw resmi melanjutkan kepemimpinannya di Sulawesi Utara. Presiden Joko Widodo telah mengukuhkan keduanya sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut periode 2021-2024, Senin (15/2/2021).

Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jalan Veteran, Jakarta Pusat. Olly-Steven tidak sendiri dalam prosesi ini. Mereka disandingkan dengan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara terpilih, Zainal Arifin Paliwang dan Yansen Tipa Badan.

Pelantikan dilegitimasi oleh Surat Keputusan (SK) Presiden Republik Indonesia Nomor 19P Tahun 2021, dan Nomor 20P Tahun 2021. Keputusan ini dibacakan Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara.

“Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, Presiden Republik Indonesia menimbang dan seterusnya, mengingat dan seterusnya, memutuskan menetapkan dan seterusnya, terhitung sejak saat pelantikan mengesahkan pengangkatan saudara Olly Dondokambey, S.E, sebagai Gubernur Sulawesi Utara masa jabatan tahun 2021-2024, dan Drs. Steven O.E. Kandouw  sebagai Wakil Gubernur Sulawesi Utara masa jabatan tahun 2021-2024,” sebutnya.

“Kepada masing-masing yang bersangkutan diberikan gaji pokok, serta tunjangan jabatan kepala daerah dan wakil kepala daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Keputusan ini ditetapkan di Jakarta pada 9 Februari 2021, oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo,” tandasnya.

Dalam prosesi itu, Olly-Steven mengucapkan sumpah dan janji sebagai kepala daerah terpilih. Mereka mengucapkannya di atas kitab suci, sembari didampingi tokoh agama. Jokowi mempimpin langsung sesi itu.

Setelahnya, para isteri diperkenankan mendampingi kedua kepala daerah. Ibu Rita Tamuntuan bersanding dengan Olly, Ibu dr. Kartika Devi Tanos bersama Steven. Prosesi pelantikan diakhiri dengan foto bersama.

Di kesempatan itu, Jokowi didampingi Wakil Presiden Ma’aruf Amin dan jajaran menteri di kabinetnya. (Red)