oleh

Richard Sualang: SHS Tokoh yang Dihormati dan Dicintai

KEBIJAKANnews – Kematian Dr. Drs. Sinyo Harry Sarundajang (SHS) menggemparkan masyarakat Sulawesi Utara. Mengapa tidak, SHS merupakan salah satu putra terbaik Nyiur Melambai. Ia banyak mengharumkan nama Sulut di kancah nasional hingga mancanegara.

Selain karena torehan prestasinya, masyarakat makin merasa kehilangan mengingat SHS yang pernah dua periode menjabat Gubernur Sulut (2005-2010 dan 2010-2015). Ia pernah sangat dekat dengan masyarakat dalam tugasnya sebagai pimpinan eksekutif.

Meskipun kita tahu bersama, hingga akhir hayatnya SHS tetap berkonribusi membangun Sulut dari luar Indonesia. Ia meninggal dalam tugasnya sebagai Duta Besar Indonesia untuk Filipina (merangkap Kepulauan Marshall dan Palau).

Masyarakat berbondong-bondong mengekspresikan belasungkawa atas kabar duka ini. Seperti halnya yang diungkapkan Wakil Walikota Manado terpilih 2020-2025, dr. Richard Sualang kepada awak media.

“Saya mewakili pribadi dan keluarga, khususnya Keluarga Sualang-Pangemanan, menyampaikan rasa duka yang mendalam atas kepergian Pak SHS,” ucap Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Manado itu.

Salah satu alasan mengapa kepergian SHS sangat membekas di benaknya, karena ayahanda Richard (Alm. Freddy Harry Sualang) pernah bersanding dengan SHS untuk membangun Sulut. Alm. Freddy merupakan wakil gubernur di periode pertama SHS. Sehingga, ini meninggalkan kenangan tersendiri bagi Richard dan keluarga.

“Bagi keluarga kami, beliau adalah tokoh yang dihormati dan dicintai. Selamat jalan Pak SHS, beristirahatlah dalam damai. Tuhan Yesus menyambutmu di surga,” tutup Richard.

Peliput: Rezky Kumaat