oleh

Gubernur Sulut ke-12 Berpulang

KEBIJAKANnews – Gubernur Sulawesi Utara ke-12, Dr. Drs. Sinyo Harry Sarundajang (SHS) meninggal dunia, Sabtu (13/2/2021).

Ini berdasarkan keterangan anaknya Vanda Sarundajang, pada unggahan akun media sosialnya sejam lalu. SHS diketahui menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Siloam Jakarta.

“Terpujilah Tuhan Yesus Sang Empunya hidup dan kehidupan! Tuhan Yesus sangat baik! Selamat Jalan Papa-ku sayang. Tenanglah dalam pangkuan Bapa di Sorga,” tulisnya, dibarengi postingan gambar sedang memegang tangan SHS di atas kasur rumah sakit.

Kabar serupa juga ramai beredar di WhatsApp group. Seperti yang ditulis salah satu akun, Vera Sanger pada Kawanua Informal Meeting. “Berita duka. Telah dimuliakan Bapa di Sorga, Bapak Dr. S.H. Sarundajang di R.S. Siloam Jakarta. Tuhan Yesus sumber kekuatan dan penghiburan untuk keluarga,” bebernya.

Hingga akhir hayatnya, Sarundajang menjabat Duta Besar Indonesia untuk Filipina (merangkap Kepulauan Marshall dan Palau) sejak 2018. Sebelumnya, ia pernah menduduki sejumlah jabatan strategis, baik dalam tatanan birokrasi dan eksekutif.

Salah satu yang berbekas di masyarakat adalah, beliau merupakan Gubernur Sulut dua periode (13 Agustus 2005-13 Agustus 2010 dan 20 September 2010- 20 September 2015). Ia berpasangan dengan Freddy Harry Sualang pada periode pertama, lalu Djouhari Kansil pada periode kedua.

Lusinan penghargaan pun telah diraupnya dari pemerintah dan swasta, lokal hingga mancanegara. Salah satu yang terlama, adalah penghargaan yang diberikan Menteri Dalam Negeri/ Ketua Lembaga Pemilihan Umum pada 1987. Juga, penghargaan Pena Mas oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pada 28 Juni 2013.

SHS wafat di umurnya yang ke 76 (16 Januari 1945-13 Februari 2021). Awak media masih menunggu informasi selengkapnya atas berita duka Bapak Pembangunan Sulut ini. (Red)