oleh

GAMKI Sulut Asah Kemampuan Jurnalistik para Kader

KEBIJAKANnews – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Sulawesi Utara sukses menggelar pelatihan jurnalistik di Cafe Kebeng Lounge n Eatry, Kelurahan Sasaran, Kecamatan Tondano, Kabupaten Minahasa. Kegiatan berlangsung dua hari, mulai Jumat (29/1/2021) hingga Sabtu (30/1/2021).

Pelatihan ditujukan untuk mengasah kemampuan jurnalisme para peserta, yang merupakan utusan dari masing-masing Dewan Pimpinan Cabang (DPC) GAMKI se kabupaten/kota di Sulut. Total peserta adalah 25 orang.

Nathanael Marentek selaku ketua panitia menyambut baik partisipasi peserta, dalam menyokong keberhasilan kegiatan ini. “Kami panitia mengapresiasi kerja sama dari masing-masing DPC. Termasuk para peserta yang antusias mengikuti kegiatan selama dua hari,” ujarnya sembari didampingi Joel Sumampow, selaku sekretaris panitia.

Pelatihan dirancang sedemikian rupa untuk memenuhi kompetensi jurnalis yang profesional. Pemantik yang dipilih pun dipastikan kredibel dalam menyajikan materi-materi jurnalisme, sesuai bidang keahliannya.

“Kegiatan pelatihan jurnalis menghadirkan beberapa narasumber yang berkompeten dalam bidangnya. Di antaranya adalah Aswin Lumintang, Wakil Pemimpin Redaksi Tribun Manado; Jeane Rondonuwu, Pemimpin Redaksi sulutdaily.com; Mejkel Lela, Koordinator Liputan manadoline.com; dan Sonya Hellen Sinombor, Jurnalis Senior Harian Kompas. Lalu dari kalangan akademisi ada Ivan Kaunang, Denny Pinontoan, dan Meydi Tinangon,” jabar Nathanael.

“Ada beberapa meteri yang disampaikan narasumber kepada peserta. Seperti Prinsip Praktis Jurnalis Profesional, Profesionalisme dan Etika Jurnalis dari Sudut Pandang Kristiani, Straight News, serta Teknik Menulis dan Wawancara untuk hari pertama,” tutupnya. (Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan