oleh

DPRD Sahkan Gubernur-Wakil Gubernur Sulut 2021-2026

KEBIJAKANnews Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara yang baru telah disahkan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulut, Senin (25/1/2021).

Ini berlangsung dalam rapat paripurna yang beragendakan Pengumuman Usul Pengesahan Pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut Masa Jabatan Tahun 2016-2021, serta Pengumuman Usul Pengesahan Pengangkatan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut Terpilih, dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020.

Penetapan ini mengacu pada surat masuk Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPU) Sulut, yang telah melegitimasi hasil Pilkada 9 Desember silam. Surat ini dibacakan Sekretaris DPRD Sulut, Glady Kawatu, S.H, M.Si, di sela paripurna.

Ketua DPRD Sulut, dr. Fransiscus Andi Silangen, Sp.B-KBD, menyambut baik kesempatan ini. Pasalnya, kepala daerah terpilih dinilai telah membuktikan kinerjanya di tengah masyarakat. Beragam prestasi pemerintahan di kancah nasional juga sudah ditorehkan.

“Apresiasi dan penghargaan yang tinggi kami berikan kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, di bawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey, S.E, dan Wakil Gubernur Drs. Steven Kandouw (ODSK, red),” lugasnya.

“Ini disebabkan oleh torehan kesuksesan yang mengacu pada visi dan misi Sulut 2016-2021. Antara lain, pertumbuhan ekonomi makro yang semakin baik di atas rata-rata nasional, pertumbuhan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang telah masuk kategori tinggi, penurunan tingkat kemiskinan menjadi yang terendah se-Sulawesi, bahkan lebih rendah dibandingkan persentase penduduk miskin nasional,” jabar Silangen.

ODSK pun mempersembahkan pencapaian ini bagi seluruh masyarakat Sulut. Mereka tetap berkomitmen untuk memaksimalkan kinerja pemerintah provinsi, sekalipun berada di tengah cobaan pandemi Covid-19, banjir, dan tanah longsor yang sedang menerpa.

“Momentum ini adalah sukacita masyarakat Sulut. Mari untuk saling topang, bahu-membahu, dan mendoakan pemerintah agar tetap mampu menjalankan tugas dengan baik. Sehingga, kami mampu menjawab amanat rakyat dengan kinerja yang optimal. Ini dalam kerangka menjadikan Sulut Hebat,” ucap Steven mewakili kehadiran Olly.

Paripurna menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Penggunaan masker, physical distancing, dan pemeriksaan Rapid Antigen diwajibkan kepada pihak yang ada di lokasi. Kehadiran peserta paripurnya sendiri menerapkan sistem hybrid (virtual dan fisik).

Paripurna dipimpin langsung ketua dewan dengan didampingi jajaran wakilnya, yakni Viktor Mailangkay, James Arthur Kojongian, dan Billy Lombok. Hadir juga para wakil rakyat dari masing-masing fraksi partai, kepala daerah terpilih (Olly hadir virtual), pers, serta pimpinan dan staf Sekretariat DPRD Sulut. (Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan