oleh

Bawaslu Minut ‘Sidak’ TPS di Hari Pencoblosan

KEBIJAKANnews Hari ini, Rabu (9/12/2020) menjadi puncak pesta demokrasi Pilkada Serentak 2020. Masyarakat dipersilahkan menggunakan haknya untuk memilih kepala daerah sesuai hati nurani.

Di sisi lain, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bertugas untuk mengawal tahapan Pilkada agar berjalan sesuai asas kepemiluan yaitu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

Seperti dilakukan Komisioner Bawaslu Minut Rahman Ismail. Terpantau, Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubal Bawaslu Minut ini menggunakan hak pilihnya dengan mencoblos di TPS 5 Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan, Minut.

Usai mencoblos, Rahman didampingi jajaran langsung berkeliling ke sejumlah kecamatan, memantau proses pemilihan di sejumlah TPS, termasuk melihat langsung kinerja Pengawas TPS (PTPS).

“Saya mengapresiasi tugas kerja seluruh penyelenggara Pilkada baik di tingkat pusat sampai di tingkat TPS. Apalagi bekerja pada pandemi COVID-19. Semoga bisa melaksanakan Pilkada dengan baik,” ujar Rahman kepada awak media.

Ia mengajak masyarakat untuk sama-sama mengawal Pilkada 2020. “Bawaslu butuh masyarakat untuk menjaga demokrasi,” katanya.

Lanjut Rahman, masyarakat bisa datang ke kantor Bawaslu untuk melaporkan dugaan pelanggaran atau hanya sekedar memberi informasi terkait dugaan pelanggaran Pilkada.

Untuk semakin memudahkan pelaporan ke Bawaslu terhadap dugaan pelanggaran Pilkada 2020, Bawaslu juga menyediakan Gowaslu, sebuah aplikasi berbasis Android dan IOS untuk sarana pelaporan.

Masyarakat bisa mengunduh di playstore maupun appstore dengan mengetik keyword Gowaslu. (Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan