oleh

Hilman Idrus Resmi Abdikan Diri di Komisi 4 DPRD Sulut

KEBIJAKANnews Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara mengelar rapat paripurna beragendakan “Pengucapan Sumpah Penggantian Antar Waktu,” Senin (7/12/2020).

Di kesempatan itu, Hilman Firmansyah Idrus, S.T, dilantik sebagai anggota DPRD Sulut di Daerah Pemilihan (Dapil) Manado, dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Ini berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor: 161.71-3913/2020, yang dibacakan Sekretaris DPRD Sulut, Glady Kawatu, S.H, M.Si, di sela paripurna.

Salah satu poin utamanya menyatakan, “Meresmikan pengangkatan saudara Hilman Firmansyah Idrus, sebagai Pengganti Antar Waktu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sulawesi Utara. Sisa masa jabatan tahun 2019-2024. Terhitung mulai tanggal pengucapan sumpah janji,” ucap Kawatu.

“Keputusan menteri ini mulai berlaku pada tanggal pengucapan sumpah janji. Ditetapkan di Jakarta pada tanggal 6 November 2020, sudah bertanda Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian,” tutupnya.

Tidak hanya itu, dasar penetapan ini sesuai amanat UU Nomor 23 Tahun 2013 Tentang Pemerintah Daerah, Pasal 143 Ayat 3 dan Pasal 144 Ayat 6; Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 Tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi, Kabupaten, dan Kota, Pasal 114 Ayat 1; dan Peraturan DPRD Sulut Nomor 2 Tahun 2019 Tentang Tata Tertib DPRD, Pasal 115 Ayat 2 dan Pasal 117 Ayat 1.

Pelantikan ditandai dengan pengucapan sumpah PAW DPRD Sulut, yang dipandu Ketua Dewan dr. Fransiscus Andi Silangen, Sp.B-KBD. Dilanjutkan dengan pengukuhan oleh rohaniwan. Lalu penandatangan berita acara pengucapan sumpah, dan diakhiri dengan penyematan tanda anggota DPRD oleh Ketua Dewan.

Setelahnya, Hilman langsung berkesempatan menduduki kursi DPRD Sulut yang telah dipersiapkan untuknya.

Diketahui, Hilman menggantikan posisi dr. Richard Sualang yang sedang berkontestasi di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, sebagai Calon Wakil Walikota Manado.

Kedepannya Hilman akan mulai mengabdikan diri di Komisi 4 DPRD Sulut, yang mengkoordinir Bidang Kesejahteraan Masyarakat, Pendidikan, dan Kesehatan.

Peliput: Rezky Kumaat

Komentar

Tinggalkan Balasan