oleh

H-7 Pilgub Sulut, ODSK Perkasa di Atas 65%

KEBIJAKANnews – Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara nomor urut 3, Olly Dondokambey dan Steven Kandouw (ODSK) ditafsir akan menang multak di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2020.

Ini berdasarkan data Lingkaran Survey Indonesia (LSI) Denny JA, Rabu (2/12/2020). Dalam konferensi pers yang dilakukan di Swis-Belhotel Maleosan Manado, Adjie Al Faraby selaku peneliti LSI Denny JA membeberkan hasil dan analisis survei yang dilakukan pada 19-25 November 2020.

“Paslon nomor urut 3, Olly Dondokambey dan Steven Kandouw sudah di ambang periode kedua. Elektabilitas di atas 65 persen. Jarak elektabilitas dengan kompetitor terdekat sekira 40 persen. Pemilih militan di atas 55 persen. Hampir mustahil kompetitor mengejar elektabilitas petahana,” ungkapnya.

Jika berpedoman pada kesenjangan angka itu, apapun strategi politik yang dilakukan kompetitor, dipastikan tidak akan berpengaruh signifikan pada perolehan suara ODSK nantinya. Sekalipun menggunakan praktik politik uang kepada konstituen.

“Melihat jarak elektabilitas ODSK dengan rivalnya, walaupun pakai money politic tetap akan sulit mengalahkan petahana. Meskipun money politic dilakukan masif, tapi sulit mengejar ketertinggalan elektabilitas. Kecuali memang niatnya untuk sedekah atau bagi-bagi uang,” rangkumnya kepada awak media. (Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan