oleh

KNPI Manado Refleksikan Hari Sumpah Pemuda dengan Aksi Sosial

KEBIJAKANnewsDewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Manado, merefleksikan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-92 dengan aksi sosial. KNPI Manado membagikan Alat Pelindung Diri (APD) kepada masyarakat.

Kegiatan berlangsung dua hari, mulai Sabtu (31/10/2020) sampai Minggu (1/11/2020). Ini dipimpin langsung Ketua KNPI Manado, Erick Gabriel Kawatu, S.E, M.M, dan Sekretaris, Amas Mahmud, S.IP.

Di momentum ini, KNPI menaruh perhatian pada kaum pekerja yang terimbas pandemi Covid-19. Terlebih khusus di sektor kuliner. Pasalnya, mereka punya peran penting dalam menyokong ekonomi daerah. Tapi di sisi lain, kontribusi mereka mulai tidak sebanding dengan pemasukan sehari-hari.

“KNPI memandang bahwa, seiring bergeliatnya kembali ekonomi daerah, dituntut pula kedisiplinan penerapan protokol kesehatan dari segenap pelaku ekonomi. Di antaranya, para pekerja di bidang kuliner yang cukup rentan. Mengingat, interaksi yang intens setiap harinya,” jelas Kawatu di Warung Kemang Manado, Minggu (1/11/2020).

Apa yang dilakukan KNPI terhadap pramusaji/ pelayan restoran di Manado, merupakan bentuk kepedulian yang tulus dari kaum pemuda. Ini juga sebagai langkah pencegahan penyebaran corona di ‘Kota Berdoa’ tersebut.

“Saya juga berharap, apa yang dilakukan KNPI secara suka rela ini, memberi manfaat bagi mereka sebagai penerima. Kita tak boleh diam disaat kondisi terjepit karena bencana Covid-19. Tapi harus bergerak sebagai pemuda di Kota Manado,” tambah Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Utara itu.

APD yang dibagikan berupa ratusan face shield, hand sanitizer, dan masker. Item-item ini dinilai Sekretaris KNPI Manado, Amas Mahmud, S.IP, masih sangat dibutuhkan masyarakat yang rawan terpapar virus. Sekalipun masyarakat global sudah berada di masa new normal.

“Walau kita sudah hidup dengan kenormalan baru (new normal, red), tapi masyarakat harus dibentengi dengan APD. Adaptasi new normal berarti mengharuskan masyarakat untuk hidup dengan tata cara protokol kesehatan. Sehingga mudah dan terbantu masyarakat menggunakan APD, maka KNPI Manado ikut ambil bagian. Kami juga, sembari berbagi paket APD, tak lupa mengingatkan agar masyarakat menghindari kerumunan. Rajin mencuci tangan, memakai masker dan juga hand sanitizer,” himbau aktivis jebolan Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado tersebut.

KNPI membagikan APD di beberapa lokasi. Salah satunya Boulevard 2, Sindulang, Kecamatan Tuminting, dan seputaran Kota Manado. Ini termasuk tempat-tempat berjualan, rumah makan, dan restoran. (*/RE)

Komentar

Tinggalkan Balasan