oleh

Bawaslu-KPU Minut Monitoring Kinerja Panwascam Cs

KEBIJAKANnews Rabu kemarin (22/7), Bawaslu Minahasa Utara (Minut) dan KPU Minut , melakukan pengawasan terhadap petugas Panwascam, PKD, PPK dan PPS di Desa Lihunu, Ehe, Kahuku dan Libas, Kecamatan Likupang Timur (Liktim).

Komisioner Divisi Pengawasan Bawaslu Minut Rahman Ismail SH mengatakan, Bawaslu Minut harus transparan membahas setiap tahapan yang sedang berlangsung, maupun program-progam yang sudah tersusun guna memastikan semua berjalan dengan baik serta sesuai peraturan undang-undang yang telah ditetapkan. “Ada empat fokus utama kami dalam melakukan pengawasan yakni keakuratan, pemuktahiran, komprehensif dan transparan,” ujarnya.

Selain melakukan pengawasan, Ismail menegaskan, Bawaslu Minut juga selalu melakukan koordinasi dengan KPU untuk satu visi dan sinergitas sehingga daftar pemilih akurat dan Daftar Pemilih Tetap (DPT) berkualitas dapat tercapai. “Upaya ini perlu dilakukan, agar kualitas daftar pemilih pilkada 2020 bisa semakin baik. Karena, salah satu indikator kualitas pilkada itu adalah daftar pemilih yang berkualitas,” bebernya.

Lanjutnya, untuk hasil kerja yang maksimal dan mendapatkan sinergitas antar penyelenggara pemilu, KPU dapat membuka akses data Formulir Model A-KWK yang berisi daftar pemilih dalam Pilkada 2020. “Harapan kami, KPU bisa memberikan akses seluas-luasnya terhadap data A-KWK (data pemilih). Sebab, A-KWK ini bagian dari alat kerja PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) dan alat kerja pengawas pemilu,” tukasnya. (Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan